Tanggal 18 April dan Kaitannya dengan Derby Tertua Rusia

Agen Sbobet

Moskow adalah salah satu kota yang memiliki pertandingan derby sepakbola paling banyak di dunia. Di sana terdapat lima kesebelasan sepakbola bersejarah di Rusia, yaitu CSKA Moskow, Dynamo Moskow, Lokomotiv Moskow, Spartak Moskow, dan Torpedo Moskow. Di antara kesebelasan tersebut, pertemuan CSKA dengan Spartak adalah yang paling panas. Tapi derby antara kedua kesebelasan itu baru ramai sejak 1990-an.

Sebelumnya, sejarah derby terbesar di Moskow adalah pertemuan Spartak dengan Dynamo — sebuah Derby Tertua Rusia, yang akan dijelaskan lebih lanjut di pertengahan artikel. Karena sampai 1970-an, kedua kesebelasan itu selalu berada di papan atas klasemen Liga Top Uni Soviet. Dan pada hari ini, tanggal 18 April, tepat sekitar 95 tahun lalu, Spartak membentuk klub olahraga yang mencakup sepakbola, hoki, senam, skating, tenis tinju, atletik, sepeda, dan lainnya.

Sejak akhir 1880-an sampai awal 1900-an, instansi pemerintah seperti polisi, tentara, perusahaan kereta api dan pabrik, mulai membuat klub olahraganya masing-masing. Tapi Spartak tidak seperti kesebelasan Soviet lainnya. Klub itu adalah olahraga masyarakat mandiri yang didukung serikat pekerja industri daging. Nama Spartak sendiri berasal dari gladiator Romawi dan pemberontak yang menyatakan perang terhadap adidaya Kota Roma, Spartacus. Faktor-faktor itulah yang membuat Spartak dianggap sebagai tim yang merakyat.

Soal persaingan Spartak dengan Dynamo, selalu dikenal tentang perjuangan orang kecil melawan penguasa. Anggapan itu tidak lepas dari sejarah Dynamo itu sendiri. Awalnya klub tersebut terbuka untuk semua orang seperti Spartak karena didirikan kalangan pekerja dan perwakilan pabrik pada 1887. Saat itu namanya masih Morozovtsi Orekhovo-Zuegvo Moskow dan sempat berubah menjadi OKS Moskow pada 1910.

Tapi nama OKS Moskow berubah total ketika instansi intelejensi kepolisian mulai mengakuisisinya. Klub olahraga tersebut dijadikan alat untuk memperkuat kepolisian. Pemain-pemain terbaik Uni Soviet saat itu diambil dari kesebelasan-kesebelasan instansi negara. Ditambah dengan campur tangan Kementerian Dalam Negeri, klub itu resmi berubah nama menjadi Dynamo Moskow pada 18 April 1923, tepat satu tahun setelah Spartak resmi didirikan.

Sejak itulah Spartak dan Dynamo memiliki hari ulang tahun yang sama sekaligus semakin meramaikan olahraga di Kota Moskow. Sebelumnya, CSKA Moskow sudah ada terlebih dahulu yang resmi dibentuk pada 27 Agustus 1911, tapi sepakbola mereka masih belum intens pada waktu itu. Namun persamaan hari lahir Spartak dan Dynamo, menjadi keidentikan sendiri dibandingkan CSKA. Bayangkan, kedua kesebelasan itu memiliki rivalitas tinggi di Moskow dan harus merayakan hari jadinya dalam waktu bersamaan. Otomatis ada dua pagelaran besar yang terjadi di Moskow pada setiap 18 April.

Soal sepakbola, rivalitas antara kesebelasan itu dimulai dengan saling berebut sponsor di Moskow. Maka dari itu kedua kesebelasan sering gonta-ganti sponsor pada kurun waktu tersebut. Persaingan semakin meruncing pada 1930-an karena berlomba untuk menjadi kesebelasan terbaik di Moskow. Apalagi pada kompetisi Liga Top Uni Soviet 1936, Dynamo yang lebih muda dan memiliki akses kepada instansi negara bisa lebih jemawa karena menjuarai liga musim panas dan runner-up musim gugur. Sementara Spartak cuma berhasil menjuarai liga musim gugur pada waktu itu.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply