Sunderland Selamat meski Paling Lama di Zona Merah

Agen Sbobet

Sunderland adalah tim yang paling lama menempati zona degradasi di Premier League musim ini. Tapi mereka berhasil selamat.

Sunderland berhasil menyelamatkan diri dari jeratan degradasi setelah menang telak 3-0 atas Everton di Stadium of Light, Kamis (12/5/2016) dinihari WIB tadi. Satu gol Patrick van Aanholt dan sepasang dari Lamine Kone memastikan mereka bertahan di divisi teratas.

Dengan tambahan tiga poin, mereka kini ada di posisi 17 dengan nilai 38 dari 37 pekan. Torehan itu tak akan mampu dikejar oleh Newcastle United dan Norwich City dengan satu pertandingan tersisa.

Newcastle dan Norwich sampai saat ini tertinggal empat poin dari Sunderland dan itu membawa mereka turun ke Championship musim depan. Keduanya menyusul Aston Villa yang lebih dulu memesan tempat di divisi tersebut.

Menariknya, dibandingkan ketiga rivalnya dalam persaingan bertahan di Premier League, Sunderland justru merupakan yang paling lama di zona merah. Opta mencatat anak asuh Sam Allardyce melalui 237 hari di tiga terbawah.

Villa menjadi tim kedua yang menempati zona tersebut paling lama yakni dengan 229 hari. Berikutnya adalah Newcastle dengan 202 hari dan Norwich cuma 56 hari.

Keberhasilan Sunderland lolos dari degradasi ini tak terlepas dari perbaikan hasil sejak pergantian tahun. Di 17 laga sejak tahun baru, mereka cuma kalah empat kali dengan menang lima kali.

Ini jauh berbeda dengan hasil mereka di paruh pertama di mana mereka menelan 13 kekalahan di 20 pekan dan cuma menang tiga kali. Penyerang Sunderland Jermaine Defoe menyebut dukungan penggemar dan semangat tim jadi faktor utama keberhasilan bertahan di Premier League.

“Para penggemar mendorong tim untuk memenangi laga-laga. Rasanya luar biasa untuk bisa bertahan lagi dan saya senang,” katanya kepada Sky Sports dikutip BBC.

“Kalau Anda melihat tim-tim besar selama bertahun-tahun, segalanya adalah soal semangat tim dan kebersamaan. Hal utamanya sejauh ini adalah semangat tim.”

“Malam ini yang terpenting adalah tampil rileks dan tidak kecolongan. Gol pertama sudah membuat kami nyaman,” tandasnya.

25 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply