Singkirkan Swiss Lewat Adu Penalti, Polandia ke Perempat final Piala Eropa

Agen Sbobet

Polandia berhasil menjejak ke babak perempatfinal ajang Piala Eropa 2016. Setelah imbang 1-1 hingga 120 menit, Polandia menang adu penalti 5-4 atas Swiss.

Saat melakoni pertandingan di Stade Geoffroy Guichard, Sabtu (25/6/2016) malam WIB, Swiss dan Polandia bermain sama kuat hingga babak tambahan. Polandia unggul lebih dulu berkat gol Jakub Blaszczykowski di babak pertama pertandingan, yang bisa disamakan Xherdan Shaqiri di menit 82.

Di babak adu penalti, semua eksekutor Polandia bisa menceploskan bola ke gawang. Sementara itu, Granit Xhaka menjadi eksekutor Swiss yang gagal mencetak gol.

Dengan kemenangan ini, Polandia masih menunggu pemenang laga antara Portugal melawan Kroasia untuk dihadapi di babak perempatfinal.

Jalannya Pertandingan

Polandia mendapatkan kans pertama di menit pertama. Pemain belakang Swiss melakukan blunder saat backpass, Yann Sommer bisa memblok sepakan Robert Lewandowski.

Bola rebound langsung disambar Arkadiusz Milik, tapi bolanya masih melayang jauh di atas mistar gawang Swiss. Milik kembali mendapatkan peluang di menit keenam, tapi arah bolanya masih tepat dipelukan Sommer.

Swiss membalas di menit 10. Shaqiri mampu mengirim umpan silang dari sisi sayap kiri, bolanya bisa disambar oleh Blerim Dzemaili. Sial, masih menyamping.

Swiss melakukan ancaman di menit 26. Sepakan jarak jauh Ricardo Rodriguez masih menyamping dari gawang Polandia yang dikawal oleh Lukasz Fabianski.

Di menit 29, Grzegorz Krychowiak mendapatkan peluang emas. Sial sundulannya masih jauh di atas mistar. Tiga menit berselang, Milik kembali gagal memanfaatkan peluang emas. Sepakan kaki kirinya dari sisi kiri kotak penalti Swiss masih melesat.

Swiss mendapatkan peluang emas di menit 35 lewat Fabian Schar. Berawal dari sepak pojok, bola sundulan Schar masih tepat di pelukan kiper Polandia, Lukasz Fabianski.

Blaszczykowski mencetak gol usai mendapatkan umpan dari Kamil Grosicki dari sisi sayap kiri. Gol itu tercipta lewat sebuah serangan balik cepat di menit 39.

Blaszczykowski bisa menguasai bola di kotak penalti, lalu menceploskan bola ke dalam gawang. Polandia unggul 1-0. Di sisa babak pertama tak ada gol tambahan, Polandia unggul satu gol saat turun minum.

Lewandowski mengancam di menit 50. Sial, sepakannya masih bisa belum membawa Polandia menggandakan kedudukan.

Shaqiri melepaskan sepakan jarak jauh semenit kemudian. Fabianski masih sigap untuk mengantisipasi sepakan pemain yang memperkuat Stoke City itu.

Błaszczykowski! Sepakan kerasnya di menit 53 sudah tepat sasaran. Sommer masih sigap menepis bola agar gawangnya tak kebobolan.

Swiss terus berusaha untuk mencetak gol penyeimbang di babak kedua. Di menit 73, Rodriguez melepaskan sepakan bebas yang masih bisa ditepis Fabianski.

Lima menit kemudian, sepakan Haris Seferovic masih membentur mistar. Dia meneruskan bola rebound Johan Djorou.

Di menit 82, Swiss mencetak gol penyeimbang. Gol itu dicetak oleh Shaqiri lewat tendangan salto dari dalam kotak penalti. Skor berubah 1-1. Hingga 90 menit laga tak ada gol tambahan, pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Masuk ke babak tambahan, kedua tim bermain lebih berhati-hati. Tak ada gol tercipta dari kedua tim paruh pertama extra time.

Swiss mendapatkan peluang emas di menit 112. Sial sundulan Eren Derdiyok masih diblok oleh Fabianski. Lima menit berselang, Derdiyok juga menyia-nyaiakan peluang di muka gawang. Di sisa pertandingan tak ada gol tercipta, lanjut ke babak adu penalti.

Stephan Lichtsteiner yang menjadi eksekutor pertama Swiss, sukses menaklukkan Fabianski. Lewandowski langsung membalas hingga skornya masih sama kuat 1-1.

Eksekutor kedua Swiss, Granit Xhaka, mengirim bola melebar. Sommer bisa menebak arah sepakan Milik, bolanya sempat tertepis tapi tetap masuk ke gawang.

Eksekutor ketiga Swiss, Shaqiri, membuat kedudukan sama 2-2. Polandia kembali unggul 3-2 setelah Kamil Glik menaklukkan Sommer.

Schar sukses menceploskan bola untuk membuat skor kembali imbang 3-3, Polandia kembali unggul setelah Blaszczykowski menceploskan bola ke gawang.

Rodriguez sukses mnaklukkan Fabianski, skor berubah jadi 4-4. Penendang terakhir Polandia, Grzegorz Krychowiak, sukses mengirim bola masuk ke gawang, mereka menang dengan skor 5-4.

Susunan Pemain:

Swiss: Sommer; Lichsteiner, Schar, Djourou, Rodriguez; Behrami (Fernandes 77), Xhaka; Shaqiri, Dzemaili (Embolo 58), Mehmedi (Derdiyok 70); Seferovic

Polandia: Fabianski; Piszczek, Glik, Pazdan, Jedrzejczyj; Blaszczykowski, Krychowiak, Maczynski Maczynski (Jodlowiec 101), Grosicki (Peszko 104); Milik, Lewandowski

45 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply