Setelah Bersatu di Olimpiade, 5 Pemain Ini Jadi Musuh di Piala Eropa

Agen Sbobet

Inggris versus Wales tentu saja sebuah perang saudara. Lima pemain mereka bahkan pernah membela bendera yang sama, tapi kini “bercerai”.

Danny Rose, Daniel Sturridge, Joe Allen, Aaron Ramsey, dan Neil Taylor adalah pemain-pemain yang memperkuat kesebelasan yang sama pada Olimpiade 2012 di London. Tim yang mereka bela bareng-bareng itu adalah tim Britania Raya (Great Britain).

Namun, nanti malam (16/6) mereka akan berpencar lagi ke negara asal. Rose dan Sturridge kembali ke skuat Inggris (England), sedangkan Allen, Ramsey, dan Taylor mengawal Wales.

Secara geografis, Great Britain (GB) merujuk pada tiga pulau terbesar di wilayah United Kingdon (UK), yakni Inggris, Skotlandia, dan Wales. Di arena olahraga, sejak Olimpiade pertama mereka sudah mengusung bendera yang sama, yaitu tim UK (United Kingdom, karena plus Irlandia Utara), sebelum mengubahnya menjadi tim GB — karena atlet-atlet Irlandia Utara dibebaskan untuk memilih, apakah masuk UK atau (Republik) Irlandia.

Nah, di Olimpiade terakhir (2012), dari 18 pemain, 13 di antaranya adalah pemain Inggris, sedangkan lima lainnya dari Wales.

Kecuali Olimpiade, tim sepakbola Wales dan Inggris tetap berdiri sendiri-sendiri. Inggris jauh lebih sukses dibanding saudaranya itu karena lebih berprestasi, baik di level Piala Dunia maupun Eropa.

Wales baru mulai mengikuti (kualifikasi) Piala Dunia di edisi keempat, di tahun 1950, tapi itu pun tidak lolos. Bahkan, hingga kini Wales baru satu kali tampil di Piala Dunia, di tahun 1958, dan menembus babak perempatfinal.

Demikian pula di Piala Eropa. Inilah penampilan perdana Wales di kompetisi antarnegara di benua biru tersebut.

Dari 23 pemain Wales asuhan pelatih Chris Coleman, mayoritas (19) bermain untuk klub-klub Inggris. Hanya dua pemain yang memperkuat klub asal negara mereka, yaitu Neil Taylor dan Ashly Williams, yang sama-sama memperkuat Swansea City (klub yang bermarkas di Cardiff City).

Adapun 19 pemain lainnya membela klub-klub Inggris, satu bermain untuk klub Skotlandia (Inverness Caledonian Thistle, kiper Owain Fon Williams), dan satu pemain bermain di seberang UK, yakni Gareth Bale di Spanyol (Real Madrd).

Adapun skuat Inggris, ke-23 penggawanya adalah pemain lokal.

23 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply