Marcelo, Bek Modern pada zaman sekarang ini

Marcelo, Bek Modern pada zaman sekarang ini

Agen Sbobet

Dalam sepakbola, bek kiri adalah keistimewaan. Posisi ini tak bisa diisi oleh sembarang pemain. Posisi ini biasanya lebih efektif apabila dihuni pemain kidal, jumlahnya pun tentu lebih sedikit dibandingkan pemain yang mengandalkan kaki kanan.

Tapi fungsi dan perubahan taktik bek kiri terus berkembang, seperti yang direpresentasikan Marcelo bersama Real Madrid dan timnas Brasil. Marcelo sendiri merupakan salah satu kesuksesan Madrid dalam integrasi pemain muda di bursa transfer. Ia datang saat belum genap berusia 22 tahun dan kini menjadi pemain penting di Madrid selama hampir 10 tahun.

Marcelo didatangkan dari Fluminense pada bursa transfer musim panas 2006. Pada waktu itu di Madrid masih ada Roberto Carlos sebagai bek kiri terbaik di dunia. Keberadaan Carlos tentu tidak membuat Marcelo mendapatkan kesempatan banyak pada musim perdananya.

Di sisi lain, selama itulah ia menyerap ilmu sebanyak mungkin dari seniornya di timnas Brasil maupun di Real Madrid itu. Awalnya pun tidak ada yang tahu banyak tentang siapa Marcelo pada kurun waktu tersebut. Namun, satu musim berguru kepada Carlos sudah cukup bagi Marcelo untuk menjadi bek kiri utama Madrid pada tahun-tahun berikutnya.

Maka sejak musim 2007/2008, Marcelo tidak tergantikan di posisi bek kiri Madrid. Eksistensi Marcelo saat ini pun mampu menggusur bek kiri terbaik di dunia era Ashley Cole dan Patrice Evra. Marcelo membuktikan bahwa ia bukan bek kiri sembarangan. Semakin ia berkembang, semakin pula ia menunjukkan bahwa dirinya merupakan salah satu bek kiri terbaik di dunia saat ini. Malah tak berlebihan jika ia disebut sebagai bek kiri nomor satu dunia saat ini.

Luis Enrique, yang baru saja meninggalkan kursi pelatih Barcelona, memuji Marcelo sebagai pemain yang sering merepotkan kesebelasannya. Menurutnya, meski secara natural ia merupakan pemain bertahan, kemampuannya bisa menebar ancaman bagi setiap lawan.

“Marcelo adalah pemain yang spesial. Dia mampu menciptakan bahaya dengan hanya beberapa sentuhan dan ini adalah salah satu kelebihannya, saya tak perlu lagi mengatakan apapun soal dirinya,” tutur Enrique.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply