Liga Santri Akan Bergulir Bulan Depan

Agen Sbobet

Kompetisi sepakbola Liga Santri Nusantara (LSN) kembali digelar. Sebanyak 1.204 tim ditargetkan ambil bagian dalam ajang ini.

Penyelenggaraan LSN kali ini menjadi yang ketiga kalinya. Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menggagas acara ini sejak tahun 2015.

Tujuannya digelar kompetisi ini adalah selain untuk mencari bibit-bibit unggul, juga menularkan budaya positif karakter santri pada sepakbola ataupun sebaliknya. Untuk tahun 2017, kompetisi akan berlangsung 9 Agustus hingga Oktober mendatang.

“Kami melihat LSN sebagai program yang berpotensi besar untuk mencetak bibit unggul pesepakbola profesional Indonesia. Di gelaran 2015 dan 2016 misalnya, LSN menghasilkan tiga pemain yang sempat dipanggil pelatih Indra Sjafri untuk mengikuti seleksi Timnas U-19,” kata Menpora Imam Nahrawi, saat peluncuran LSN di Kantor PB NU di Kramat Raya, Kamis (27/7/2017).

“Ini tentu prestasi yang membanggakan dari santri yang telah menunjukkan nilai-nilai sportivitas dan kerjasama untuk mengangkat semangat persatuan,” tambahnya.

Mengusung tagline ‘Dari Pesantren untuk NKRI’, LSN ditargetkan diikuti 1.024 tim dari pondok pesantren seluruh Indonesia.

“Jadi nanti jumlah pertandingan yang dipertandingkan juga banyak yaitu 990 laga dari babak penyisihan hingga final,” kata Ketua Panitia Pelaksana LSN 2017, KH. Abdul Ghofarrozin, dalam kesempatan yang sama.

LSN akan menerapkan peraturan dan mekanisme pengawasan sesuai dengan persyaratan nasional dan internasional. Di samping, LSN juga akan bekerjasama dengan Asosiasi Wasit Perangkat Pertandingan Profesional Indonesia (AWAPPI).
Hal ini penting untuk menjaga profesionalitas pertandingan.

Hal yang positif juga diungkapkan Direktur Kompetisi dan Pertandingan LSN 2017, Mohamad Kusnaeni.

“Jadi bukan hanya belajar agama juga. Tapi, anak-anak pesantren juga harus sehat dan mengedepankan slogan mens sana in corpore sano, yakni di dalam jiwa yang sehat terdapat tubuh yang kuat,” kata pria yang akrab disapa Bung Kus ini.

Pendaftaran online LSN akan dibuka pada awal Agustus. Rencana kickoff akan diselenggarakan pada 9 Agustus di Pinrang, Sulawesi Selatan. Rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Menpora Imam Nahrawi.

Sementara seri nasional dan final akan digelar di Bandung, Jawa Barat, dan direncanakan akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply