Gasak Watford 4-0, Tottenham Terus Beri Tekanan ke Chelsea

Gasak Watford 4-0, Tottenham Terus Beri Tekanan ke Chelsea

Agen Sbobet

Tottenham Hotspur meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 4-0 atas Watford. Poin penuh di laga ini membuat The Lilywhites merapatkan jarak ke puncak klasemen.

Bermain di White Hart Lane, Sabtu (8/4/2017) malam WIB, Spurs dapat perlawanan sengit di menit-menit awal. Namun begitu, skuat besutan Mauricio Pochettino pada akhirnya meraih kemenangan telak.

Gol dicetak Dele Alli di menit ke-33, Eric Dier (39′), dan sepasang gol Heung-Min Son di menit 44 dan 55 membuat Spurs meraih kemenangannya yang ke-20 di musim ini.

BBC mencatat, Tottenham unggul penguasan bola mencapai 58%-42% dan shot on target 18-8. Laga ini juga menandai comeback Harry Kane yang sejak pertengahan Maret menepi akibat cedera engkel.

Tambahan tiga poin membuat Tottenham untuk sementara menekan Chelsea dengan poin 68, empat poin lebih sedikit dari sang rival. Namun jumlah itu bisa kembali jadi tujuh poin andai Chelsea menang di kandang Bournemouth, malam nanti.

Jalannya Pertandingan

Tottenham dan Watford terlibat pertarungan sengit di awal babak pertama. Kedua tim setidaknya saling jual beli serangan di sepuluh menit pertama pertandingan.

Tottenham membuka peluang di menit pertama. Jan Vertonghen melepaskan tendangan setelah mendapat umpan corner Christian Eriksen. Namun sepakannya masih diblok.

Watford merespons. Di menit ketiga, mereka dapat tendangan bebas beberapa meter di depan kotak penalti. Jose Holebas bisa mengirim bola ke pojok kiri atas, tapi masih diamankan Hugo Lloris.

Peluang bagus Tottenham baru hadir di menit sembilan. Kerja sama Vincent Janssen dengan Eriksen diakhiri dengan tendangan pemain si Belanda. Namun Gomes membuat penyelamatan gemilang dengan menghalau menggunakan kaki sambil menjatuhkan diri. Momen itu cuma berakhir dengan sepak pojok.

Di menit ke-12, Niang buat percobaan. Melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, bola yang dia sepak masih mendarat di pelukan Lloris.

Pada menit ke-19, peluang emas kedua Tottenham digagalkan mistar. Janssen bisa menyambut umpan Dier, tapi bola malah ke atas dan membentur tiang. Erikssen yang berada di mulut gawang gagal menangkan bola liar yang karena lebih dulu disapu Craig Cathcart.

Tekanan yang diberikan Tottenham memaksa semua pemain Watford berada di areanya sendiri di pertengahan babak pertama. Serangan yang hendak di bangun pun selalu kandas oleh Dier dan Dembele yang sangat mobile di lini tengah.

Melihat Tottenham yang kesulitan bikin gol, Pochettino meminta Kane bersiap di bangku cadangan. Topskorer tim itu memang kembali masuk skuad setelah mengalami cedera engkel sejak Maret.

Di menit ke-33, Tottenham akhirnya memecah kebuntuan. Berawal dari serangan balik, Alli yang mendapat umpan Janssen melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Gomes tidak menjangkau dan bola bersarang ke pojok kiri gawang Watford.

Dalam posisi unggul membuat Tottenham meningkatkan tekanan. Sebaliknya Watford jadi gugup dan banyak melakukan kesalahan.

Di menit ke-39, Dier menggandakan kedudukan. Berawal dari tendangan Son yang diblok, bola liar yang masih di dalam kotak penalti disambar Dier dengan kaki kanannya. Boom, gawang Watford kembali bobol dan skor berubah jadi 2-0.

Tusukan Tottenham belum reda hingga menjelang babak pertama usai. Di menit ke-44, Son membuat keunggulan timnya bertambah lebar setelah tendangan keras kaki kirinya mendarat di pojok kanan bawah Gomes. Skor 3-0 menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Tottenham mengubah taktik. Jika di awal menekan, kini mereka bermain menunggu untuk melepaskan counter attack.

Strategi itu membuahkan beberapa kali peluang. Janssen sempat punya kans memperbesar keunggulan saat dia mendribble bola mendekati kotak penalti. Namun dia sedikit kehilangan keseimbangan hingga bola bisa direbut bek Watford.

Di menit 55 Spurs memperbesar keunggulan jadi 4-0. Serangan balik cepat diawali dari akselerasi Kieran Trippier di sisi kanan. Ia melepaskan crossing ke kotak penalti Watford, bola jatuh ke arah tiang jauh, di mana Son yang tidak terkawal langsung menyepaknya dan bola masuk ke gawang tanpa bisa dihalau Gomes.

Setelah gol keempat, Tottenham menurunkan tempo permainan. Serangan cepat tidak lagi mereka bangun, melainkan lebih banyak memainkan bola dari kaki ke kaki di area Watford.

Hal itu dimanfaatkan tim tamu untuk melancarkan serangan balik. Tapi dari beberapa kali kans, tidak ada yang benar-benar merepotkan Lloris.

Di menit 61, Tottenham memasukkan Kane menggantikan Janssen. Striker Inggris itu menciptakan peluang di menit 70. Mendapat umpan lambung dari Kevin Trippier, Kane dan Gomes berupaya mengejar bola liar. Kane bisa menguasainya dan menghindar, tapi sepakannya ke gawang masih lemah, ada Cathcart yang bisa menghalau bola.

Enam menit berselang, lagi-lagi Kane punya kans bikin gol. Trippier melepaskan crossing sempurna, tapi Kane gagal menanduknya. Bola cuma melintas di depan gawang.

Di menit 80, Son nyaris mencetak hat-trick. Sudah berhadapan satu lawan satu dengan Gomes, tendangannya malah menyamping di kiri gawang Watford. Pada menit 87, pemain Korea itu ditarik, dan diganti Joshua Onomah, dengan diiringi tepuk tangan dari pendukung Spurs.

Di sisa laga, Tottenham masih berupaya mencari gol tambahan. Di menit tiga injury time tendangan Kane membentur tiang. Itu sekaligus jadi aksi penutup laga.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris, Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Davies, Dier, Dembele (Sissoko 75′), Son, Alli, Erikssen, Janssen (Kane 61′).

Watford: Gomes, Holebas, Mariappa, Cathcart, Janmaat, Niang, Cleverley, Doucoure (Zuniga 59′), Amrabat (Deeney 70′), Success, Chuka (Kabasele 85′)

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply