Demi Timnas Indonesia, Regulasi Pemain Muda Liga 1 Ditunda

Demi Timnas Indonesia, Regulasi Pemain Muda Liga 1 Ditunda

Agen Sbobet

PSSI memutuskan untuk menangguhkan regulasi pemain muda demi persiapan maksimal Timnas Indonesia menuju SEA Games 2017 yang diberi target meraih medali emas.

Liga 1 musim ini menerapkan peraturan baru dibandingkan musim sebelumnya yaitu kewajiban menurunkan pemain muda U-23 sebanyak tiga pemain dengan minimal durasi tampil selama 45 menit. Efek dari kewajiban tiga pemain muda ini adalah jumlah pergantian pemain yang ditingkatkan menjadi lima pemain dalam tiap pertandingan.

Namun jelang SEA Games, PSSI mengeluarkan instruksi untuk menangguhkan peraturan pemain muda tersebut. Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan kinerja Timnas Indonesia dan juga sebagai upaya penegakan asas keadilan bagi klub-klub Liga 1.

“Ya, benar. Ada penangguhan regulasi pemain muda mulai dari 3 Juli hingga 30 Agustus mendatang setelah SEA Games selesai,” kata Direktur Media dan Hubungan Internasional PSSI Hanif Thamrin.

PSSI mengakui dalam beberapa momen uji coba terakhir mereka dihadapkan pada situasi sulit lantaran kompetisi terus bergulir saat Timnas Indonesia berlaga. Pemanggilan banyak pemain dari sebuah klub akan membuat pincang klub tersebut, terlebih mereka harus tetap memenuhi kuota pemain muda di tiap pertandingan yang dijalani.

“Akibat mundurnya jadwal kompetisi, maka bisa dilihat ada beberapa momen ketika Timnas Indonesia memainkan laga internasional, kompetisi domestik tetap bergulir. Seharusnya pada momen demikian, kompetisi libur.”

“Luis Milla butuh pemain-pemain terbaik untuk Timnas Indonesia sedangkan pemain terbaik terkadang berkumpul di satu klub,” ujar Hanif.

Lantaran SEA Games menggunakan regulasi pemain U-23, PSSI pun merasa perlu untuk menunda regulasi pemain muda di Liga 1 semasa persiapan akhir SEA Games dan ketika SEA Games berlangsung.

Dengan munculnya keputusan ini, maka klub-klub Liga 1 yang pemain mudanya dipanggil ke Timnas Indonesia tak lagi dipusingkan untuk mencari pemain pengganti yang kemudian bisa berpengaruh besar pada kekuatan tim mereka. Keputusan ini pun bakal meniadakan protes klub-klub kepada operator kompetisi dan PSSI terkait pemanggilan pemain mereka ke Timnas Indonesia.

Sebagai dampak tiadanya regulasi pemain muda selama dua bulan ke depan, maka peraturan pergantian pemain pun kembali berubah menjadi tiga pemain seperti musim sebelumnya.

“Seperti yang sering diucapkan oleh Pak Ketua Umum PSSI (Edy Rahmayadi) bahwa kompetisi atau produk PSSI lainnya muaranya harus Timnas Indonesia,” ujar Hanif.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply