Chelsea Dapat Paling Banyak, Begini Pembagian Hadiah Uang Hak Siar Premier League

Chelsea Dapat Paling Banyak, Begini Pembagian Hadiah Uang Hak Siar Premier League

Agen Sbobet

Sebagai juara, Chelsea dapat hadiah uang paling banyak dari hak siar musim 2016/2017. Premier League punya sistem pembagian hadiah yang terbilang adil, seperti apa?

Musim 2016/2017 merupakan musim pertama di mana Premier League berada di bawah kontrak televisi baru yang nilainya luar biasa besar. Khusus di wilayah Inggris Raya saja nilai kontrak hak siar televisi yang dipegang bersama oleh SkySports dan BTSports nilainya 5,136 miliar poundsterling (sekitar Rp 88,1 triliun) untuk periode tiga tahun.

Sementara untuk penjualan hak siar televisi dari luar Inggris Raya angkanya mencapai 3,37 miliar poundsterling. Itu artinya, jika ditotal penjualan hak siar dalam dan luar Inggris, nilainya mencapai 8,5 miliar poundsterling (Rp 145,87 triliun).

Di musim yang baru saja tuntas, Chelsea mendapat 153,2 juta poundsterling (sekitar Rp Rp 2,63 triliun). Tottenham yang finis kedua memperoleh 148,5 juta poundsterling, Manchester City mendapat 149,4 juta poundsterling, dan Liverpool memperoleh 148,4 juta poundstreling.

Sementara itu Arsenal yang ada di posisi lima memperoleh 142,7 juta poundsterling. Kalah dari Manchester United di urutan enam dengan hadiah uang dikumpulkan 146,6 juta poundsterling.

Bagaimana klub di posisi enam mendapat uang lebih besar dibanding yang menduduki urutan lima? Ini bisa terjadi karena Premier League memiliki sistem pembagian uang hadiah berdasarkan beberapa faktor. MU musim lalu memiliki 31 pertandingan yang ditayangkan langsung, sementara Arsenal cuma punya 25 pertandingan.

Lalu bagaimana Premier League membagi uang tersebut secara adil pada 20 klubnya?

Seperti disebutkan di atas, uang pemasukan hak siar Liga Inggris datang dari dua sumber: penjualan hak siar pada televisi Inggris Raya dan penjualan hak siar pada televisi global di seluruh dunia.

Uang yang didapat dari penjualan hak siar pada televisi Inggris raya kemudian dibagi tiga bagian:

1. 50% dari uang tersebut dibagi rata pada 20 tim kontestan
2. 25% dibagi berdasarkan posisi klasemen akhir, klub penghuni posisi dasar klasemen mendapatkan paling sedikit dan jumlahnya terus bertambah berdasarkan posisi klasemen.

Dari hasil seluruh pertandingan, Chelsea mendapatkan pendapatan sebesar 153,2 M Euro. Mengungguli pendapatan Tottenham Hotspurs dan Manchester City.

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply